Image Background
header
PROSEDUR SEBELUM PEMASANGAN WIKA SOLAR WATER HEATER
TENTUKAN LOKASICara pemilihan lokasi pemasangan agar alat bisa bekerja secara maksimal sebaiknya mengikuti tips – tips sebagai berikut :~ Panel Kolektor harus di letakkan pada suatu tempat yang mana sinar matahari bisa menyinari tanpa terhalang oleh obyek apapun sepanjang tahun. Hindari dari obyek – obyek yang bisa menghalangi seperti bangunan tinggi, pohon, tiang listrik dan lain sebagainya.~ Carilah titik lokasi pemasangan yang optimal dimana pipa instalasi air panasnya sependek mungkin dan bisa mengalir secara rata keseluruh titik keluaran..~ pastikan kontruksi atap bangunan yang dipilih mampu menahan berat daripada alat dalam keadaan terisi air untuk jangka waktu yang lama.
ARAH PEMASANGANArah serta kemiringan pemasangan bisa mempengaruhi kinerja alat, Untuk memperoleh hasil maksimal harap diperhatikan ketentuan ketentuan sebagai berikut:~ Untuk daerah – daerah pemasangan yang berada di atas garis khatulistiwa, maka sebaiknya alat dihadapkan ke arah selatan, sebaliknya untuk daerah-daerah di bawah garis khatulistiwa, maka alat sebaiknya dihadapkan ke arah utara. Gunakan kompas untuk menentukan arah mata angin.~ Jika pemasangan tidak bisa tepat ke arah utara atau selatan maka pergeseran yang disarankan maksimal 45⁰ ke arah timur atau barat, namun pergeseran ini akan mempengaruhi kinerja alat.~ Untuk lokasi pemasangan di Indonesia, paling baik jika alat dipasang pada kemiringan 10⁰ - 20⁰ terhadap bidang datar.~ Jika pada lokasi yang dipilih, arah maupun kemiringan atap diluar ketentuan yang dianjurkan di atas maka gunakan suatu rangka besi sebagai dudukan agar posisi yang dianjurkan bisa dicapai seoptimal mungkin.~ Jika arah utara atau selatan tetap tidak bisa dipilih, maka pilihlah arah timur bila pemakaian air panas lebih banyak sebelum jam 14.00 Tetapi, jika pemakaian air panas lebih banyak setelah jam 14.00, maka pilihlah arah pemasangan ke barat.
TEKNIK PEMASANGAN ALATBerdasarkan hasil survey awal, maka akan diketahui apakah dibutuhkan pemakaian rangka besi atau tidak, jika tidak maka alat bisa ditempatkan di atas atap.
Pemasangan tanpa dudukan rangka besiApabila sudah berada di atas atap, carilah rangka kayu reng-nya yang kuat (minimal 4 x 6 cm) dengan cara melepaskan genteng/asbes/metalroof yang menutupinya. Kemudian pasangkan plat pengikat alat dengan cara menggunakan baut atau paku yang cukup besar (minimal 7 cm). Tonjolkan Plat tersebut sekitar 10 cm keluar dari genteng/asbes/metalroof yang menutupinya. Lebih jelasnya lihat gambar berikut ini :
Kemudian sambungkanlah plat pengikat yang ada dibelakang tangki dengan plat pengikat yang telah terpasang dirangka atap dengan menggunakan baut/mur M8 dan kencangkanlah.
Pemasangan dengan dudukan rangka besiJika alat dipasang pada bidang-bidang datar atau bidang-bidang yang menyebabkan harus menggunakan dudukan rangka besi maka gunakanlah material yang terbuat dari besi siku dengan ukuran minimal 40x40x4 mm yang banyak terdapat di pasaran. Gambar dan dimensi dudukan besi yang harus dibuat silahkan lihat di sini
Penyambungan panel kolektor ke tangkiSambungkan kupingan yang ada dibagian atas panel kolektor dengan plat pengikat dibagian depan tangki, juga dengan menggunakan baut/mur M8. Untuk tipe 150 LXC gunakan panel kolektor yakni A dan B.
Penyambungan antar panel kolektorTipe 300 LXC menggunakan 2 panel kolektor, penyambungan panel kolektif A dan B dengan menggunakan pipa assesories antar kolektor. Pasanglah plat sambungan pengikat antara panel dan tangki dengan menggunakan lidah-lidah pendek, pastikan bahwa panel terikat pada tangki dengan baik. Kemudian kencangkanlah pipa assesories antar kolektor tersebut secukupnya dengan menggunakan kunci Inggris (Angle wrench), jangan menggunakan kunci pipa. Namun sebelumnya pastikan seal karet (Ring seal) telah terpasang pada lubang kolektor yang terletak dibagian atas dan bawah panel, karena jika tidak terpasang dengan baik, bisa mengakibatkan kebocoran.
Pemasangan pipa assesories panas & dinginSambungkan pipa assesories panas & dingin yang menghubungkan bagian atas panel kolektor dan tangki kemudian kencangkan mur dan baut nipel secukupnya dengan menggunakan kunci Inggris,
Pemasangan PT Relieve Valve, Non-return Valve & Strainer
Urutan pemasangan seperti terlihat pada gambar. Gunakan seal tape (Thread seal) disekeliling drat katup pengaman supaya tidak terjadi kebocoran. Jika tekanan air lebih dari 4 bar dan atau suhu air di dalam tangki telah mencapai 90⁰ C atau lebih maka katup pengaman akan bekerja dengan cara melepaskan (membuang) air yang ada di dalam tanki agar tekanan /suhunya menjadi turun kembali sehingga tangki terhindar dari kerusakan. Pemasangan non-return valve dan strainer juga sama dengan katup pengaman yakni harus menggunakan seal tape pada sekeliling dratnya agar sambungan tidak bocor/rembes. Fungsi non-return valve dan strainer silahkan lihat dibagian daftar komponen.harap diperhatikan untuk pemasangan non-return valve agar tidak terbalik (lihat arah panah dibodinya) dan dipasang sedekat mungkin dengan alat.
~client_time~
01
2
1a
Visitor: 949099
animasi
Ram Rachman ( Wika )0812 125 1000
Umar ( Kitchen & Tangga )0812 860 93 507
Kurniawan ( Wika retail & Project )0852 830 18418
2A 00 44 85
Rasty ( Wika )0818 0202 28870815 2222 887
22 44 FC F7
Djarkasih ( Wavin )0815 8608 3393
Irfan Rosadi ( Filter Air )0856 9125 2261
Fitri ( Wika )33 11 22 35
Dini Noviyanti ( Wika )0852188 66606
Powered By Inti Karya Teknologi