Image Background
header
JAMINAN DAN PERAWATAN WIKA AIR CONDITIONING WATER HEATER( Wika AWH )
PERIHAL BUKU JAMINAN & PERAWATANBuku Jaminan & Perawatan ini memberikan keterangan mengenai ketentuan jaminan terhadap produk WIKA AWH Anda dan perawatan berkala yang harus Anda lakukan agar WIKA AWH Anda memiliki umur pakai yang lama dan dapat bekerja secara optimal, untuk itu bacalah buku ini dengan seksama untuk memastikan terciptanya kenyamanan anda dalam menggunakan produk WIKA AWH. PERIHAL JAMINAN menjelaskan ketentuan yang berhubungan dengan masa berlakunya jaminan serta faktor yang tidak dilindungi dalam jaminan.PERIHAL PERAWATAN menjelaskan tentang jadwal perawatan termasuk mengenai perlunya dilakukan perawatan dan pencatatan terhadap tindakan perawatan berkala yang telah dilakukan pada produk WIKA AWH Anda oleh Teknisi dari Distributor Resmi WIKA AWH.Simpanlah Buku Jaminan & Perawatan ini dengan baik sebagai pedoman untuk menjaga kualitas WIKA AWH Anda, dan buku ini sewaktu-waktu bisa diperlihatkan kepada petugas service WIKA AWH yang menangani produk WIKA AWH anda untuk pekerjaan jaminan atau pekerjaan perawatan.
PERIHAL JAMINAN1. Jaminan WIKA AWH berlaku sebagai berikut :Kapasitas 50 Liter (Harisontal)AHF 50 S : AWH Flat Single HEAHF 50 E : AWH Flat HE +E.HeaterKapasitas 60 Liter (Vertikal)AVF 60 S : AWH Flat Single HEAVF 60 D : AWH Flat Double HEAVF 60 E : AWH Flat HE +E.HeaterKapasitas 80 Liter (Vertikal)AVF 80 S : AWH Flat Single HEAVF 80 D : AWH Flat Double HEAVF 80 E : AWH Flat HE +E.Heater Kapasitas 100 Liter (Vertikal)AVF 100 S : AWH Flat Single HEAVF 100 D : AWH Flat Double HEAVF 100 E : AWH Flat HE +E.HeaterKETENTUAN JAMINAN KHUSUS KOMPONEN KOMPRESSORKriteria Kerusakan Kompresor Yang di Jamin.1. Kerusakan diakibatkan oleh kebocoran Heat Exchanger2. Kerusakan diakibatkan oleh kesalahan pemasangan Heat Exchanger3. Ada bukti pemeriksaan Anoda Korban secara berkala.4. Konsumen dapat menunjukan bukti perawatan berkala sesuai ketentuan buku ini.Kriteria Kerusakan Kompresor Yang tidak di Jamin.1. Kerusakan diakibatkan oleh over load/over heat2. Kerusakan diakibatkan oleh kesalahan tagangan voltase tidak stabil3. Tidak ada bukti pemeriksaan Anoda Korban secara berkala.4. Tidak ada/tidak dapat menunjukkan kartu garansi dan bukti pembelian asli, untuk merek lain selain merek WIKA.5. Kompressor AC WIKA yang telah habis masa garansinya. 6. Komponen AC yang lain selain Kompressor tidak di garansi.2. Tuntutan Jaminan• Melakukan perawatan berkala secara berkesinambungan sesuai jadwal perawatan dalam Buku Jaminan & Perawatan WIKA AWH selama masa bergaransi dan dilakukan oleh Distributor Resmi WIKA AWH dan menunjukkan bukti-bukti pelaksanaan perawatan berkala tersebut.• Tidak diperkenankan melakukan modifikasi apapun terhadap WIKA AWH yang Anda miliki yang dapat berpengaruh terhadap kinerja, keselamatan dan ketahanan WIKA AWH Anda.3. Pastikan setiap selesai melakukan perawatan berkala, Teknisi Distributor membubuhkan tanda tangan dan stempel Distributor pada lembar “Monitoring Jadwal dan Perawatan Berkala” di halaman 23 pada buku ini.
KETENTUAN JAMINANJaminan Bagi Produk WIKA AWH1. Pedoman Dasar Jaminan WIKA AWHPT. WIKA INTRADE ENERGI memberikan jaminan penggantian barang / komponen kepada pelanggan apabila barang / komponen tersebut terbukti tidak berfungsi / salah / cacat produksi selama masih dalam masa garansi. Bagian yang dimaksud adalah :a. Tangki Pemanasb. Heat Exchanger Tangki Pemanasc. Komponen Valve, Electronik/Listrik dari tangki pemanasd. Kompressor AC * e. Komponen electric/listrik dari unit AC * Keterangan : * AC khusus marek / dari WIKA2. Hal- hal pengecualian dan Komponen yang Tidak Ditanggung Jaminana. Modifikasi oleh pihak lain, perubahan-perubahan yang disengaja dan pemasangan atau penambahan komponen atau material diluar standar dari WIKA AWH.b. Tidak ada bukti melakukan perawatan secara berkala oleh teknisi resmi WIKA AWH.c. Jika kerusakan /cacat tersebut disebabkan adanya kecelakaan atau force majeure seperti kebakaran, bencana alam dan lain sebagainya.d. Jika Pressure Regulator atau limiting valve tidak dipasang pada lokasi dimana tekanan sumber air pada inlet air dingin melebihi batas tekanan 4 (empat) bar.e. Pelanggan tidak bisa memperlihatkan buku jaminan pemeliharaan dan perawatan.
PERIHAL PERAWATAN BERKALA1. Tujuan Perawatan BerkalaKondisi kualitas WIKA AWH juga tergantung dari perawatan yang terjadwal dengan tepat. Perawatan yang benar akan membantu menjamin pemanasan air lebih maksimal serta daya tahan dan umur pakai WIKA AWH yang Anda miliki yang lebih lama.Untuk menjaga kualitas WIKA AWH Anda dalam jangka waktu lama, maka diharuskan melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala secara disiplin. Teknisi dari Distributor Resmi WIKA AWH akan datang mengunjungi rumah Anda sesuai dengan jadwal perawatan berkala. Teknisi tersebut akan melakukan pemeriksaan dan wajib membubuhkan tanda tangan dan stempelDistributor kemudian lembar lampiran bukti perawatan di pindahkan ke buku garansi yang ada di distributor. Perawatan yang baik akan menjamin bahwa WIKA AWH Anda selalu dalam kondisi yang baik. 2. Pemeriksaan Sebelum PenyerahanUntuk memastikan kepuasan atas kinerja WIKA AWH Anda, maka Distributor bertanggung jawab untuk melaksanakan pemeriksaan sebelum penyerahan unit, pemeriksaan setiap bagian WIKA AWH dan pengetesan WIKA AWH Anda. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa WIKA AWH Anda diserahkan kepada Anda dalam kulaitas terbaik setelah dipasang dan berfungsi baik. Petunjuk pelaksanaan pemeriksaan sebelum penyerahan unit ada pada halaman 20 pada buku ini.3. Perawatan Berkala GratisPerawatan berkala gratis adalah fasilitas 2 kali perawatan secara cuma-cuma bagi setiap produk WIKA AWH yang baru dipasang, yakni pada:• 6 Bulan pertama setelah Anda membeli• 6 Bulan kedua/ 1 Tahun setelah Anda membeli.Penanganan keluhan dan klaim garansi termasuk penggantian assesoris, kunjunganperawatan, jasa pemeriksaan ataupun perbaikan (pada radius 30 km kota domisili Distributor tempat pembelian) sampai dengan 1 tahun pertama tidak dikenakan biaya/ Gratis penuh.Lewat dari 1 tahun garansi terbatas hanya untuk Tangki dan Kompresor (parts only diluar jasa). Sedangkan untuk penggantian assesoris, kunjungan perawatan, jasa pemeriksaan ataupun perbaikanakan dikenakan biaya dan menjadi beban konsumen.4. PengecualianKerusakan pipa instalasi distribusi air panas dan air dingin tidak mendapatpenanganan keluhan dan klaim garansi Gratis termasuk penggantian assesoris dan jasa kunjungan atau perbaikan.5. Perawatan Tidak BerkalaDisamping perawatan berkala yang telah ditetapkan jadwalnya, Anda juga harus memperhitungkan perawatan tidak berkala. Hal tersebut dimaksudkan jika terdapat penurunan kinerja WIKA AWH maka itu juga perlu ada pemeriksaan atau diperbaiki.
KOMPONENBagian dalam Tangki dan Heat Exchanger.
PEMERIKSAANTANGKI- Periksa kondisi bagian dal;am Tangki (jika diperlukan Pera-watan Aircon Water Heater bisa dibarengkan dengan pengisian ulang refrigerant dengan memeriksa tekanan refrigerant sebelum di bongkar sebagai acuan untuk tekanan setelah pengisian ulang)
TINDAKAN PENANGANAN- Matikan pengoperasian AC- Kosongkan refrigerant dengan menggunakan vacuum freon- Tututp stop kran, buka sambu-ngan pipa (double neple) refri-gerant dari AC ke Water Heater- Buka flens Heat Exchanger dengan membuka 6 buah baut.- Bersihkan flens Heat Exchanger dengan air panas (60-90o C) dengan sikat yang lunak.- Heat Exchanger yang telah bersih, dapat dipasang kembali.- isi air kedalam water Heater sampai penuh dengan cara membuka katup pemakaian.- Isi refrigerant sesuai prosedur kemudian cek tekanan refrigerant.- AWH siap dioperasikan dengan menghidupkan AC.
Bagian luar Tangki Bagian Lubang Heat Exchanger Baut – Baut penahan
- Cek kebersihan bagian luar Tangki tidak boleh kotor - Cek kebersihan bagian luar lubang Heat Exchanger - Periksa semua baut jangan ada yang kendor
- Bersihkan bagian luar Tangki de-ngan air bersih dan sabun deterjen- Bersihkan bagian lubang Heat Exchanger dengan kain lap. - Kencangkan semua baut-baut.
Pengukuran AC Out door danIndoor di lakukan sebelum dansesudah pemasangan unit.Catat hasilnya dan bandingkan.
AIR CONDITIONER- Tekanan Refrigerant / Freon (psi)- Daya AC Out Door (Amper)- Tegangan AC Out Door (Volt )- Suhu Ruangan (0C) -
- Hasil pengukuran di cantumkan pada Form “Pemeriksaan Sebelum Penye-rahan Unit” halaman 20, kemudian lakukan pengkuran ulang pada saat perawatan berkala form hal 24 - 29.
Safety Valve / Pressure Temperature Relief valve
Valve- Cek tuas (gerakan tuas)- Bersihkan Safety Valve
- Harus keluar air dari lubang ventilasi- Buka safety valve bersihkan kotoran yang ada pada bagian dalam.- Bila semua perawatan telah di-lakukan tetapi masih bocor ganti Safety valve dengan yang baru
Cek Valve /Non Retern Valve Inner Filter Pressure Regulator(Opsional)
- Periksa kebocoran- Bersihkan Cek Valve - Periksa endapan kotoran air - Cek pemasangan dan fungsi
- Lepas pipa input dari Cek valve tidak boleh ada aliran air balik. - Buka Cek valve periksa fungsi dan Bersihkan kotoran yang menempel pada bagian Cek valve.- Bila semua perawatan telah di-lakukan tetapi masih bocor ganti Cek valve dengan yang baru- Buka tutup filter yang ada pada bagian bawah, bersihkan kotoran yang mengendap pada bagian kantong penampungan - Buka Pressure Regulator dari Tangki dan alirkan air dari pompa ke pressure bandingkan tekanan air dari pompa dan yang keluar dari Pressure Regulator, air yang keluar dari pressure tekanannya harus lebih kecil dari yang keluar dari pompa.
Disply Monitor SuhuElectricHeaterGrounding Magnesium Anoda Pipa Sambunan Freon, pipa inlet 0utlet
Sistem Kelistrikan (AWH Khusus Type E)- Cek disply monitor suhu- Sambungan terminal kabel - Cek Batang Electric- Cek hubungan ke body.- Periksa pemasangan groundAnoda Korban- Sebelum mengganti putuskan dulu aliran listrik dan kuras air didalam tangki. Periksa kondisi Anoda Korban Pemipaan- Periksa sambungan pipa pada doble neple, sambungan valve
- Display masih menyala normal, kalau tidak ganti dengan yang baru- Kecangkan skrup-skrup pada terminal kabel.- Bersihkan kotoran yang menempel- Periksa pengkabelan/diganti jika ada short body dari Electric.- Grounding dari Tangki tersambung ke grounding rumah dengan baik.Anoda Korban- Bersihkan kotoran yang menempel di magnesium anoda dengan kain lap posisi di dalam tabung. - Ganti Magnesium Anoda bila sudah habis (tinggal kawatnya saja)- Periksa sambungan jangan sampai ada yang bocor, kencangkan semua mur neple.
~client_time~
01
2
1a
Visitor: 3102003
animasi
HOTLINE 24 HOURSRam Rachman0812 125 1000Umar Prihadi(Wika Retail & Project, Royal)0812 860 93 507Prasty (Wika)0818 0202 28870815 2222 887Fitri (Wika)0821 3000 7717Ayu(Wika Service & Trouble)08 5775 1454 08Djarkasih (Wavin)0815 8608 3393Irfan (Wika)0856 9125 2261Desy(Kitchen Set & Tangga)0818 0759 0216
25 CD DD 00
22 44 FC F7
Jasa Pembuatan Website By IKT