Image Background
header
Metoda Pemasangan Wika AC Water Heater( WIKA AWH )
Penempatan posisi produk Aircon Water Heater harus lebih tinggi atau paling tidak sama ketinggiannya dengan Outdoor unit. Peletakan harus saling berdekatan dengan jarak terjauh 5 meter. Harus diperhatikan pemasangan pipa tembaga tidak ada belokan yang menurun.
Pastikan posisi peletakan Aircon Water Heater di dinding dengan menggunakan Dinabolt dan baut M8. Pastikan tersedia ruang yang cukup antara tangki dan outdoor unit untuk perawatan terutama pembersihan HE dan Anoda korban.
Cara Pemasangan :Lubangi dinding dengan mesin bor M8 sampai kedalaman secukupnya. Masukan dinabolt kedalam lubang tersebut. Gantungkan kaki luar tangki AWH. Setelah terpasang di dinding, pasanglah mur pada dinabolt. Kencangkan mur dinabolt.
Catatan : Jika kondisi dinding tidak memungkinkan dipasang dengan dinabolt, pemasangan ke dinding bisa juga menggunakan Fisher 10 mm, asal kuat dan tidak jebol dalam waktu yang lama.
Modifikasi Outdoor
Sebelum melakukan pekerjaan ini pastikan telah tersedia peralatan yang memadai. Minimal peralatan yang dibutuhkan :~ Anallizer Refrigerant~ Tabung Refrigerant~ Pressure Gauge~ Mesin bor tangan~ Cutter pipa tembaga~ Flaring pipa tembaga~ Las acetylene-oksigen (brazing)
Tahapan proses modifikasi sebagai berikut :~ Jalankan AC secara normal dan amati tekanan pada analizer. Catat hasilnya sebagai acuan pengisian freon berikutnya.~ Kosongkan isi refrigerant dengan vacuum pump.~ Potong pipa tembaga output kompresor dititik 5 cm dari ujung kompresor dengan cutter pipa.~ Potong pipa tembaga input kondensor di titik 10 cm dari pangkal kondensor.~ Buat tekukan pada pipa tembaga sedemekian rupa sehingga ujungnya masuk pada output kompresor dan pangkalnya masuk pada input heat exchanger. Gunakan flaring pipa tembaga dan bor tangan untuk menembus cover luar outdoor~ Buat tekukan padapipa tembaga lagi sehingga ujungnya masuk pada input kondensor dan pangkalnya masuk pada output heat exchanger.~ Kuatkan sambungan dengan pengelasan (brazing). Amankan komponen outdoor AC lain dari panas berlebih maupun percikan api. Gunakan lap basah sebagai pelindung.~ Gunakan isolasi tembaga ( misal aeroflek ) untuk menggabungkan kedua pipa dari cover outdoor unit sampa sebelum unit Aircon Water Heater.~ Setelah dipastikan tidak ada kebocoran, pastikan tekanan refrigerant sama dengan tekanan acuan sebelum di modifikasi.~ Setting temperature AC pada suhu terendah minimal 2 jam.
PEMASANGAN TANGKI1.Sebelum pemasangan, periksa dulu kondisi dinding di mana unit pemanas akan dipasang, apakah dindingnya cukup kuat untuk menahan unit pemanas apabila sudah terisi penuh dengan air. Jika dindingnya sudah ringkih maka perlu diberi penguat tambahan. Tidak diperkenankan memasang baut dinatara dua bata.2.Buatlah 2 buah lubang sedalam 100 mm dengan diameter 16 mm, kedua lubang harus selevel. (lihat gambar berikut).Jarak diantara 2 lubang diatndai dengan huruf "b"3. Tempatkan baut pada lubang tersebut dan putarlah cantelannya hingga akhirnya menghadap ke atas ( lihat diagram )4. Pasanglah unit pemanas air pada cantelan tersebut.5. Seluruh komponen pemipaan harus berukuran "G1/2". Pasanglah kran pencampur panas dingin dan katup pengaman searah sesuai denga gambar di bawah.6. ketika memasang katup pengaman, perhatikan tanda arah aliran airnya, kemudian pasang bautnya dan assesories lainnya. Setelah pemasangan tariklah tuas katup pengaman untuk mengecek apakah katup pelepasan bekerja dengan normal atau tidak.7. Jika pemakai ingin mendapatkan suplai air dari berbagai sumber, pemakai boleh menghubungkan pipa air panas keluarannya dengan pipa air panas lainnya.8. Ketika memasang unit pemanas, agar hindari tempat-tempat yang memiliki potensi adanya kebocoran gas atau uap yang mudah terbakar. Tempatkanlah unit pemanas air sedekat mungkin dengan titik penggunaannya.
INSTALASI AIR. Sumber air dapat berasal dari menara air, pompa maupun PAM. Sumber air dari PAM dapat digunakan bila tekanan minimal 2 bar. Untuk sumber air dari menara air, jarak vertikal antara dasar tangki di menara ke titik masuk tangki minimal 1 meter.Apabila syarat di atas tidak dipenuhi maka gunakan pompa dengan tekanan 2 bar sampai 4 bar atau head tekan 20 meter sampai 40 meter. Bila tekanan pompa yang dipakai melebihi tekanan yang diijinkan ( > 4 Bar ) gunakan pressure regulator dan diset pada tekanan output 2 bar.Aircon Water Heater disarankan diletakkan jarak terpendek dari tempat pemakaian dan langsung dari sumber air. Hindari pemakaian elbow atau belokan yang terlalu banyak.Instalasi pemipaan air seperti pada gambar berikut :
catatan : Pasang water mur pada setiap pemasangan inner filter untuk memudahkan perawatanPerhatian :Pemasangan katup searah ( check valve ) harus vertical ke atas dan di pasang sedekat mungkin dengan water heater untuk menghindari mengalirnya air kembali ke sumber. Gunakan selalu isolasi plastic ( seal tape ) untuk setiap sambungan.
~client_time~
01
2
1a
Visitor: 3098541
animasi
HOTLINE 24 HOURSRam Rachman0812 125 1000Umar Prihadi(Wika Retail & Project, Royal)0812 860 93 507Prasty (Wika)0818 0202 28870815 2222 887Fitri (Wika)0821 3000 7717Ayu(Wika Service & Trouble)08 5775 1454 08Djarkasih (Wavin)0815 8608 3393Irfan (Wika)0856 9125 2261Desy(Kitchen Set & Tangga)0818 0759 0216
25 CD DD 00
22 44 FC F7
Jasa Pembuatan Website By IKT